BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Pemerintah Alokasikan Anggaran 3,7 T untuk Pelaku Pariwisata

Jakarta, - Pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia saat ini sedang berjuang menahan gelombang badai amat dahsyat, gelap dan amat memprihatinkan.

"Kita semua sangat terpukul melihat betapa hotel-hotel, cafe dan restoran menghadapi tekanan ganda. Biaya yang naik di tengah pemasukan yang menurun tajam akibat menurunnya mobilitas masyarakat, terutama jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang turun secara drastis," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) I Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tahun 2021 bertema ”Bersama Kita Akhiri Pandemi COVID-19, Bangkitkan Pariwisata Indonesia”.

Ia bercerita di beberapa kesempatan bertemu dengan pelaku usaha yang tergabung dalam PHRI, Bang Sandi mendapat banyak sekali masukan penting. Mendengar betapa beratnya perjuangan yang mereka sedang hadapi, membuatnya harus GERCEP, GEBER, GASPOL. Gerak cepat, gerak bersama dan garap kembali semua potensi lapangan kerja.

"Di tahun pertama pandemi, kita sudah merespon cepat dengan program Hibah Pariwisata. All out mendukung pemulihan industri hotel, restoran serta daerah pariwisata terdampak. Kemenparekraf telah menyalurkan dana hibah sebesar Rp. 2,2 triliun kepada 6,730 hotel dan 7,630 restoran," terangnya.

Pada tahun 2021 ini ujarnya, "kami juga sudah mengalokasikan anggaran dengan estimasi Rp. 2,7 – 3,7 triliun untuk disalurkan kepada usaha pariwisata, Mudah-mudahan dapat menyelamatkan banyak lapangan kerja dan membuka lebih banyak lagi peluang usaha."(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.