BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Menggeliat, Wisatawan ke Kampung Adat Sade dengan Prokes Ketat

LOMBOK TENGAH, - Satu lagi tempat wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang termotifasi dengan Kampung Sehat 2, yaitu Kampung Adat Sade, Desa Rembitan Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sanah kepada media, Kamis (18/3/2021) menjelaskan bahwa, Kampung Adat Sade, menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai langkah memulihkan kondisi tempat wisata ditengah Pandemi Covid-19 ini.

"Penerapan protokol yang ketat pada program kampung sehat 2 ini, merupakan salah satu upaya kami untuk memikat kembali para pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Sanah.

Dikatakan Sanah, sebelum pandemi Kampung Adat Sasak Sade biasa dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara dapat mencapai 2.000 pengunjung setiap harinya, namun setelah Covid-19 mewabah dijagat raya, pengunjung ditempat wisata ini menyusut total.

Menurutnya, melalui program Lomba Kampung Sehat dengan mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat serta disiplin protokol kesehatan dipercaya mampu memikat pengunjung atau wisatawan untuk datang kembali.

Senada dengan pemandu wisata Abdul Rahim yang ditemui media saat mengantar tamu ketempat tersebut mengatakan bahwa,  setelah protokol kesehatan diperketat di setiap tempat wisata dan kampung sehat di gelar, beberapa tempat wisata di Lombok mulai hidup.

"Saya mengakui bahwa setelah diketatkannya protokol kesehatan disetiap tempat wisata, terlebih di Sade ini pengunjung mulai ada, walaupun tidak seramai sebelum pandemi," jelasnya.

Dikatakan Rahim, banyak wisatawan yang menanyakan protokol kesehatan untuk tempat yang akan mereka kunjungi.

"Rata-rata tamu yang saya antar pasti menanyakan protokol kesehatan ditempat wisata yang dituju, ini sebabnya saya mengatakan bahwa pengetatan protokol kesehatan ini berdampak positif bagi tempat wisata, sebab tidak membuat ragu wisatawan yang akan datang," pungkasnya.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.