BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Dirlantas NTB Cek Lokasi Tanjakan Longsor Senggigi

Lobar, - Kejadian longsornya jalan tanjakan di dekat Cafe Alberto Senggigi Lombok Barat mengakibatkan sedikit terganggunya arus lalu lintas. Baik yang menuju Senggigi maupun yang dari Senggigi ke arah Mataram.

Kombes Pol Noviar, S.I.K Selaku Dirlantas Polda NTB melakukan pengecekan di lokasi kejadian kemudian melakukan koordinasi dan Rapat dengan Kepala Dinas Perhubungan NTB dan kepala Balai Jalan Nasional NTB di kantor Balai jalan Nasional Mataram, pada Rabu siang, 10 Februari 2021. "Saya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait (Dinas Perhubungan dan Balai Jalan Nasional NTB). Karena jalan ini merupakan akses penting untuk Masyarakat, maka diperlukan langkah cepat untuk mengatasinya," jelas Noviar.

"Dari hasil survei Ditlantas Polda NTB, direkomendasikan dengan pemasangannya pesan himabauan kepada masyarakat dan pengguna jalan, dan direncanakan hanya penggunaan satu lajur kendaraan dengan sistem buka tutup, termasuk disiapkan petugas di lokasi tersebut dalam pengaturannya, hal tersebut darurat dilakukan mengingat antisipasi dan mencegah terjadinya susulan bagian jalan yang mengalami pengikisan. Kendaraan berat seperti teronton, puso, dan sejenisnya akan dihimbau untuk pembatasan muatan/tonase sebagian guna mengurangi beban , hal ini juga dalam mencegah/antisipasi terjadinya longsor susulan, bila diperlukan akan ada pengalihan ke jalur lain  dengan memperhitungkan besar dan tonase kendaraan ke jalur alternatif jalan melewati pusuk," tambah Dirlantas Polda NTB ini.

Tingginya intensitas hujan pada Jumat dan Sabtu (6/2/2021) dini hari menyebabkan longsor pada sebagian ruas jalan dan pembatas jalan yang menghubungkan Lombok Barat dan Lombok Utara tepatnya di tanjakan Caffe Alberto, Dusun Loco, Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat.

Berdasarkan sumber dari beberapa media, longsor terjadi Sabtu (6/2/2021) pagi sekitar pukul 05.30 WITA. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban. Atas kejadian ini, aparat kepolisian sudah memasang rambu-rambu lalu lintas di lokasi agar tidak menimbulkan korban.(r)

Komentar0

Type above and press Enter to search.