BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Homestay Mandalika Rampung, SJP Bersama Warga "Roah"

Loteng, - Anggota DPR RI H. Suryadi Jaya Purnama (SJP) bersama masyarakat penerima bantuan Program Homestay dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara roah (syukuran) bersama atas rampungnya pembangunan Homestay bantuan pemerintah pusat yang digelar di Balai perikanan Dusun Grupuk, Desa Sengkol, Lombok Tengah, Minggu (3/1/21). 

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Pariwisata, serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

SJP menerangkan konsep Homestay yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini kedepannya memang harus ditata dengan baik oleh desa. Selain menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat tanpa menghilangkan kearifan lokal yang ada sebaiknya kaya dia perlu di musyawarahkan oleh desa dan kepala lingkungan setempat.

“Dalam penggelolaannya homestay di Mandalika ini sudah semestinya dikelola dengan baik, tanpa menghilangkan kearifan lokal masyarakat setempat. Selain itu, keterlibatan masyarakat lokal juga harus diperkuat," ungkap Anggota DPR RI Dapil II NTB ini.

Ia berharap penataan kawasan lingkungan dan persiapan sumberdaya manusia setempat dipersiapkan, seperti pelatihan cara menerima dan melayani tamu atau pengunjung wisata yang menginap di homestay tersebut, sehingga bisa mendukung perekonomian masyarakat setempat.

“Yang tidak kalah pentingnya juga kita persiapakan bersama di homestay di Lombok Tengah ini adalah bagaimana kesiapan sumberdaya manusia masyarakat setempat yang terlibat lansung khususnya yang berada di kawasan Mandalika. Penguatan skill seperti, pelatihan dibidang pariwisata dan kemampuan lainnya. Saya kira, ini harus disiapkan," sambung SJP. 

Sementara itu Pathul Bahri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada SJP atas dedikasi dan kerja nyatanya dalam mengawal program ke Lombok Tengah. 

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak H. Suryadi yang telah menyalurkan bantuan dan mengawal lansung program dari pusat ini," katanya.

Bupati Lombok Tengah terpilih ini menyampaikan harapannya agar program-program untuk pariwisata di Lombok Tengah khususnya di kawasan ekonomi khusus Mandalika mendapat perhatian dalam penguatan keterampilan bidang pariwisata.   

"Kami sangat berharap kedepannya, kami bisa terus dibantu untuk mengakses informasi yang ada di pusat serta terus mengawal kami dalam menjalankan fungsinya sebagai Anggota DPR RI dalam membangun daerah NTB ini dan Lombok Tengah pada khususnya," tandas Pathul.(r)

Komentar0

Type above and press Enter to search.