BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Pascapleno KPU, Jarot-Mokhlis Tempuh Upaya Hukum

Sumbawa Besar,  – KPU Kabupaten Sumbawa Kamis (17/12/2020) dini hari telah menyelesaikan Rekapitulasi penghitungan suara pilkada Sumbawa tingkat kabupaten. Rapat rekapitulasi yang berjalan cukup alot tersebut terjadi selisih tipis antara Paslon nomor urut 4 (Mo-Novi) dengan Paslon nomor urut 5 (Jarot-Mokhlis).

Terkait hasil pleno rekapitulasi itu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Ir. H. Syarafuddin Jarot – Ir. H. Mokhlis M.Si (Jarot-Mokhlis) langsung menyatakan sikap, dan rencananya Kamis (17/12) hari ini, Paslon nomor urut 5 bertolak ke Jakarta untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Selain mengumpulkan banyak data temuan, Jarot-Mokhlis juga sudah menyiapkan Tim Kuasa Hukum, guna mendukung gugatan yang diajukan.

Kepada wartawan di kediamannya, Calon Bupati yang akrab disapa Haji Jarot, mengaku telah mengetahui hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Sumbawa, subuh tadi. Ia merasa bersyukur karena Jarot-Mokhlis yang dianggap pesaingnya melalui hasil survey OMI dan MY Institute memiliki elektabilitas paling rendah, ternyata capaian raihan suara yang diperoleh selisih sangat tipis dengan paslon lain.

Pihaknya mengakui, langkah hukum awal sudah dilayangkan ke Bawaslu Sumbawa, terkait tahapan Pilkada 2020 ini. Pihaknya pun sudah mengikuti sidang pendahuluan, Kamis (17/12) pagi, dan saat ini menunggu hasil dari Bawaslu Propinsi. Ia berharap Bawaslu bersikap obyektif dalam memutuskan perkara tersebut.

Sedangkan untuk gugatan ke MK, sesuai dengan tahapannya diberikan waktu 3 hari kerja pasca penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara oleh KPU Sumbawa. ‘’Kami bukan menolak hasil, hanya kami belum mau menandatangani hasil Pilkada karena kami masih memiliki tahapan yang secara hukum masih diperbolehkan. Intinya kami menemukan kejanggalan atau temuan-temuan untuk kami buktikan,’’ terangnya.

Pihaknya mengakui telah mengumpulkan banyak temuan yang terjadi saat masa kampanye maupun di hari tenang, untuk mendukung upaya hukum yang dilakukan. ‘’Kami sudah mempersiapkan langkah-langkah hukum yang akan kami lakukan sebagai bagian dari tahapan Pilkada tahun 2020 ini. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan seluruh tim simpatisan relawan kami agar kami bisa melakukan proses lanjutan ini dengan aman dan sukses,’’ tukasnya.

Ia menghimbau seluruh tim relawan Paslon nomor 5 maupun dari pihak lainnya untuk tetap tenang, sabar dan tetap menjaga kondusifitas. ‘’Mohon doanya agar kami selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam ikhtiar ini,’’ demikian Haji Jarot. (Yd)

Komentar0

Type above and press Enter to search.