BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

NTB Rentan Kelompok Radikal, Kapolda Sarankan Pendekatan

Mataram, - Kapolda NTB pimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2020 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 di Provinsi NTB bertempat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB. Senin (21/12/2020).

Pembukaan Operasi Lilin Rinjani 2020 ditandai dengan Penyematan pita tanda Operasi Lilin Rinjani 2020 oleh Kapolda NTB kepada perwakilan peserta apel.

Dalam arahannya, Kapolda NTB mengatakan dalam persektif Polri selain potensi kerawanan kamtibmas, terdapat potensi kerawanan yang ada  saat mengamankan Natal dan pergantian Tahun 2020 ke tahun 2021. 

"Potensi kerawanan sesuai karakterisitk Provinsi NTB yaitu sektor pariwisata, oleh karena itu kita mengantisipasi jangan sampai masyarakat  lalai pada saat perayaan Natal dan Tahun baru 2021namun sebaliknya diharapkan agar  protokol kesehatan tetap terjaga. Provinsi NTB juga rentan terhadap kelompok radikal dengan membutuhkan pendekatan kita semua agar tetap bergandengan tangan untuk meniadakan kesempatan pada kelompok tersebut untuk melancarkan aksi terorisme yang ingin dilakukan. Provinsi NTB juga memerlukan potensi ekonomi yang harus dijaga, mulai hari ini, mari kita semua bahu membahu  sesuai dengan tugas pokok fungsi masing masing melakukan konsolidasi dalam pelaksanaan tugas," paparnya.

Kapolda NTB menegaskan agar seluruh kegiatan dinamika sosial yang menyangkut perayaan natal dan tahun baru harus mematuhi protokol kesehatan yang optimal. Ia mengarahkan jajarannya harus bergerak mengamankan seluruh wilayah Provinsi NTB dan ikhtiar agar Provinsi NTB dalam konteks pelaksanaan Natal dan Tahun baru dapat berjalan aman damai dan kondusif.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Rinjani 2020, terdapat 1.101 personel gabungan dari Polda NTB maupun Polres Jajaran. Operasi ini akan dilaksanakan 15 hari yang dimulai dari tanggal 21 Desember hingga 4 Januari 2021.

Apel ini juga diikuti oleh personel baik dari TNI, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan dan institusi maupun organisasi terkait dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Sebelum mengakhiri sambutan Kapolda menyampaikan terimakasih kepada semua unsur terkait/stakeholder yang hadir pada upacara tersebut juga menyampaikan selamat Hari Natal tahun 2020 kepada seluruh anggota Polri dan PNS dan masyarakat yang beragama Kristen dan   selamat tahun baru kepada seluruh masyarakat NTB.

Turut hadir Wakapolda NTB, Ketua DPRD Prov. NTB, Kajati NTB, Ka BNNP NTB, Dandenpom TNI AL Mataram, Dandenpom TNI AD, Dansatpom Lanud ZAM, GM Angkasa Pura, Ka BMKG, GM Pelindo Lembar, GM PT. Jasa Raharja, Ka Basarnas Prov. NTB, Kasat Pol PP Prov. NTB, Ketua Senkom Prov. NTB, KSOP Lembar, Ketua Organda & Perwakilan FKPD terkait tingkat Prov. NTB.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.