F Lobar Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka - Mata Nusantara -->

Lobar Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka

Lombok Barat, - Beberapa sekolah role model di Kabupaten, Lombok Barat, mulai melakukan simulasi pembelajaran tatap muka per Senin (9/11). Simulasi ini akhirnya dilakukan setelah terus  diundur sejak  September 2020 lalu.

Kepala SMP Negeri 2 Kuripan Darsiah mengatakan sekolah role model ini akan diujicoba mulai 11 Nopember  mendatang. Nantinya, satu kelas akan diisi dengan kapasitas 15 siswa. Setiap harinya, siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka secara sistem blok

"Karena pakai sistem blok, maka siswa belajar 3 hari seminggu. Pembelajaran mulai pukul 7.30 sampai pukul 11.00 wita," kata Darsiah kepada wartawan.

Ia menambahkan bahwa ada delapan langkah SOP protokol kesehatan yang ketat dalam menerapkan simulasi pembelajaran tatap muka ini. Di antaranya dari mulai datang siswa dan guru wajib pakai masker, cek suhu tubuh ,cuci tangan. Begitupula saat hendak pulang siswa di cek suhu tubuhnya untuk memastikan siswa dan guru dalam kondisi sehat.

Ia menyebut setiap orang tua yang menyetujui kegiatan belajar tatap muka di sekolah wajib dengan menandatangani surat pernyataan persetujuan pembelajaran tatap muka. Persipan pembelajaran tatap muka sudah lama.

Selanjutnya, kata Darsiah, nantinya pihak sekolah akan melakukan monitoring evaluasi mingguan terkait kegiatan belajar tatap muka ini. Sebelumnya, diketahui pada tanggal 3 Nopember 2020 Bupati Lombok Barat menyetujui 11 sekolah sebagai rol model  pembelajaran tatap muka, surat itu juga berpegang pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri dan rekomendasi Dinas Kesehatan Lombok Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Barat Nasrun menyebut sekolah role model harus memastikan protokol kesehatan telah dipenuhi sekolah role model ini. Tak kalah penting, persetujuan orang tua juga menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan dalam proses pembelajaran tatap muka.

"Penyataan orang tua kesiapan putra putrinya untuk sekolah tatap muka. Protokol harus memenuhi sekolah role model dan menjadi contoh model buat sekolah," katanya.(sh)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel