BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

"Unram Zero Waste", Aksi Mahasiswa Sukseskan NTB Gemilang


Mataram, - Sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan mahasiswa kepada alam dan kebersihan di NTB, para mahasiswa di Universitas Mataram (Unram) melaunching program "Unram Zero Waste".

Program tersebut dihajatkan untuk mengajak dan mengedukasi para mahasiswa agar dapat mengelola sampah dengan baik dan tepat. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukung program unggulan NTB Zero Waste yang terus digaungkan Pemerintah Provinsi NTB agar alam di NTB tetap asri dan lestari. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Unram Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si saat membuka  Talkshow "Langkah Kecil Selamatkan Bumi dengan Gaya Hidup Zero Waste" di Auditorium Yusuf Abu Bakar Unram, Senin (05/10). 

Prof. Enny menilai, bahwa zero waste sebagai gaya hidup sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk para mahasiswa di NTB, khususnya Unram. Dengan adanya program Unram Zero Waste, diharapkan menjadi langkah positif agar mahasiswa terus bergerak dan memberikan contoh kepada masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah. 

"Zero waste adalah gaya hidup, dan butuh proses untuk menjalaninya. Bukan tidak mungkin akan terwujud jika didukung kesadaran dalam melakukan pengelolaan. Sehingga kita dapat menjadikan Unram sebagai percontohan kepada masyarakat," tutur Prof. Enny. 

Selain itu, Prof. Enny melihat bahwa sampah dapat  menjadi sumber daya apabila dikelola dengan baik, bahkan sampah dapat menjadi bisnis menjanjikan. "Sampah akan memiliki nilai jika kita terus berinovasi, selain itu kita harus tetap semangat dan optimis bahwa ada tantangan terbesar yang kita hadapi bersama yaitu mengubah karakter akan pentingnya pengurangan sampah," jelasnya. 

Sementara itu, Mulyadi Gunawan, S. Hum yang juga tergabung dalam Satgas zero waste Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB mengapresiasi program Unram Zero Waste. Pasalnya berdasarkan data Dinas LHK Provinsi NTB, setiap orang rata - rata warga NTB menghasilkan 0.7 kg sampah per hari dan total sampah yang masuk ke TPA Kebon Kongok sebanyak  330 ton sampah/hari. Dengan adanya Unram Zero Waste, akan semakin menambah kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa dalam mengurangi dan mengelola sampah. 

"Sampah yang terbanyak bersumber dari Rumah Tangga, apabila pengelolaan sampah dari Rumah Tangga diolah dari rumah untuk dipisahkan sampah organik dan sampah anorganik sehingga sampah itu dapat menjadi sumber daya, maka sampah yang ke TPA Kebon Kongok dapat berkurang," jelas Gunawan. 

Gunawan sapaannya, berharap agar sampah tidak hanya menjadi beban Pemerintah tetapi masyarakat juga turut hadir dalam mengelola sampah. "Saat ini semua stake holder bergerak terkait pengelolaan sampah, tidak hanya menjadi tanggup jawab pemerintah tetapi semua masyarakat juga berperan," jelasnya.

"Sampahmu tanggung jawabmu, sampah ku tanggung jawabku," tutup Gunawan bersemangat. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua World Clean Up Day, Lalu Husnul Wiraning Harja juga mengungkapkan bahwa kebiasaan masyarakat dalam pengelolaan sampah belum begitu baik. Pasalnya, banyak yang menilai sampah tidak memiliki nilai, padahal jika sampah dikelola dengan baik maka akan memiliki nilai jual yang beragam. 

"Terlalu banyak sampah yang ada disekitar kita, adanya sampah karena perilaku hidup manusia yang sudah menjadi kebiasaan membuang sesuatu dengan sembarangan, apabila dikelola dengan baik, maka bisa dijadikan sumber daya," tuturnya.

Sementara itu, Diana Ayu salah satu mahasiswa dari Fkip Unram mengaku sangat mendukung program Unram Zero Waste, sebagai bentuk pelacutan mahasiswa agar dapat menjadi contoh masyarakat. "Program ini sangat bagus sekali, apalagi ini bentuk gerakan mahasiswa untuk bergerak dalam mengelola sampah, jadi kita dapat jadi contoh untuk masyarakat nantinya," ujar Diana.

Kegiatan Talkshow dan Launching ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai fakultas di  Univeristas Mataram, setelah kegiatan akan dilakukan Penukaran sampah dengan tumbler, sampah yang ditukar berupa sampah yang dapat didaur ulang seperti botol, pelastik dan lain sebagainya.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.