BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Pemprov NTB Ajak Generasi Muda Kenali Rinjani

Senggigi, - Gunung Rinjani sebagai akar dan tiang penyangga pulau Lombok harus terus dijaga dan dirawat kelestariannya. Salah satu caranya dengan memperkenalkan sejak dini tentang sejarah dan keberadaannya kepada generasi muda. 

Pesan ini disampaikan Kepala Bappeda Provinsi NTB, H. Amri Rahman, M. S., saat membuka kegiatan Hari Pengurangan  Risiko Bencana Internasional  atau International Day for Disaster Risk Reduction (IDDR) 2020 in Rinjani-Lombok UGGp, Senin (12/10/2020) di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat.

“Gunung Rinjani karunia Allah SWT harus tetap dipelihara, baik oleh kita saat ini maupun oleh anak-anak kita sebagai generasi penerus dimasa yang akan datang,” kata Kepala Bappeda mewakili Sekda Provinsi NTB.

Oleh karenanya, Amri mengingatkan bahwa generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan ini, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama harus dibangun kesadaran dan kecintaannya terhadap aset sumber daya alam kebanggan NTB. Apalagi saat ini Gunung Rinjani juga telah ditetapkan UNESCO sebagai aset geopark dunia,  sehingga Rinjani bukan saja milik masyarakat NTB tapi sudah menjadi milik masyarakat dunia.

Terkait dengan potensi sumber daya kehidupan dan kerawanan bencana, Amri juga menekankan pentingnya menjaga Geopark Rinjani yang menyimpan begitu banyak sumber daya dan kekayaan alam, seperti sumber mata air, tempat tinggal flora dan fauna, mineral dan masih banyak kekayaan hayati lain yang mampu menopang ekonomi, pariwisata, pendidikan dan sector lainnya.

“Apabila ekosistim dan lingkungannya rusak, maka wilayah dan daerah disekitar akan terkena gangguan dan dampak bahkan menimbulkan resiko bencana,” tandas Amri.

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang dirangkaikan dengan Lomba Story Telling dan Puisi Tentang Kebencanaan ini. Amri berharap melalui lomba ini dapat menuai minat dan kecintaan generasi muda sejak awal untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga alam yang akan menjaga manusia. 

Sementara itu, perwakilan Komisi Unesco untuk Indonesia pada Biro Kerjasama Kemendikbud RI, Endru, mengapresiasi kegiatan tentang edukasi mitigasi bencana untuk siswa SD dan SMP.  Diakuinya memberikan edukasi itu harus diperkenalkan dengan cara bermain, nyaman, dan ceria.

“Kampanye tentang mitigasi bencana melalui story telling dan puisi bagi generasi muda sangat efektif, sehingga kecintaan mereka tumbuh,”kata Endru.

Konsep dan pola ini sangat bagus. Apalagi kata Endru, Komitmen pemda untuk mendukung Geopark Rinjani luar biasa dalam menjaga aset dan kekayaan alam ini.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Rinjani (TNGR), Dedy Asriady. Ia mengingatkan pentingnya memperkenalkan Gunung Rinjani sebagai salah satu Geopark dunia kepada anak-anak  sejak dini. Dengan upaya ini diharapkan dapat tertanam kecintaan akan warisan dunia ini kepada generasi muda.

 "Ini energi baru bagi kita," ucap Dedy.

 The Hybrid Event IDDR 2020 in Rinjani-Lombok bekerjasama dengan Lushan UNESCO Global Geopark di Tiongkok sebagai penyelenggara.  Berbagai agenda dalan event ini, diantaranya webiner tentang Recovery Indonesia pasca Pandemi Covid-19 dan promosi pariwisata dengan menerapkan prosedur Cleanliness, Healty & Safety Environment (CHSE).

Event ini juga bermitra dengan Pemrov. NTB, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Jaringan Geopark Indonesia dan Asia Pasific, komunitas dan mitra lain. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut terhadap Deklarasi Geopark se-Asia Pasifik dalam penutupan the 6th APGN Symposium tahun 2019. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan OPD lingkup Pemrov. NTB dan sejumlah peserta tingkat SD-SMP se-NTB yang  telah lolos seleksi dan penilaian dari mengupload karya video dan puisi tentang kebencanaan di media sosial. Peserta yang mengikuti lomba story telling dan puisi tentang  kebencanaan awalnya diikuti oleh 400 orang dari siswa-siswi SD-SMP se Pulau Lombok dan Sumbawa. Kemudian diseleksi menjadi 18 orang mengikuti rangkaian kegiatan.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.