BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kelurahan Samapuin Juara Lomba Kampung Sehat Tingkat Sumbawa

Sumbawa Besar, - Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin Kabupaten Sumbawa berhasil meraih juara pertama lomba kampung sehat. Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir keluar sebagai juara kedua, sedangkan Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu meraih juara ketiga.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Kampung Sehat ini dilaksanakan, Senin (5/10/2020) di Aula Parikesit Kodim 1607/Sumbawa dihadiri Pjs.Bupati Sumbawa, Ir. Zainal Abidin M.Si, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan S.Sos M.Tr (Han), Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra S.IK, Ketua DPRD Sumbawa, Waka Polres, Kasdim, Para Kadis, Kabag, Kapolsek, Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Juara I Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin mendapatkan hadiah dari Polda NTB uang pembinaan sebesar Rp 15 juta dan Trophy, serta uang pembinaan dari Pemda dan Polres Sumbawa sebesar Rp 10 juta dan piagam.

juara II Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir mendapat Hadiah dari Polda NTB uang pembinaan sebesar Rp 10 juta dan Trophy, serta uang pembinaan dari Pemda dan Polres Sumbawa sebesar Rp 6 juta dan piagam.

Sedangkan Juara III Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu mendapat Hadiah dari Polda NTB uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan Trophy, serta uang pembinaan dari Pemda dan Polres Sumbawa sebesar Rp 4 juta dan piagam. 

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra S.IK mengatakan, lomba Kampung Sehat yang dilaunching beberapa bulan lalu bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat di desa, sehingga bisa memberikan spirit untuk bersama–sama memutus rantai penyebaran covid-19.

“Kami berharap lomba kampung sehat ini menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ujar Kapolres.

Kapolres  juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumbawa, Dandim 1607/ Sumbawa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta semua pihak yang turut mendukung program lomba kampung sehat.

“Melalui program lomba kampung sehat ini diharapkan akan menjadi sentral penerapan protokol kesehatan sesuai dengan fasilitas kesehatan yang ada di desa”, ungkap Widy Saputra.

Pjs Bupati Sumbawa, Ir. Zaenal Abidin M,Si berharap semua desa dapat  menerapkan protokol kesehatan sehingga menjadi desa yang sehat dan bersih.

“Kami berharap semua kampung menjadi kampung sehat, juara tidak juara hanya faktor penilaian namun kebersihan itu hal yang pokok, tanpa kebersihan kita tidak mungkin sehat," kata Pjs Bupati Sumbawa.

Dikatakan, kawasan hutan Sumbawa perlu disentuh oleh Kampung sehat untuk menjaga kondisi hutan dan lingkungan. Kondisi ini merupakan bentuk  tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Kedepan kondisi ini harus menjadi gerakan bersama untuk menyelamatkan hutan.

“Selamat kepada desa yang meraih kemenangan semoga dipertahankan dan ditingkatkan”, tandas Zainal Abidin. (Yd)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.