BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Geopark Rinjani Bersama Geopark Lushan China Gelar Virtual Tour

Mataram, - Geopark Rinjani berkolaborasi dengan Geopark Lushan – China menggelar kegiatan bersama dalam ranga peringatan hari pengurangan risiko bencana internasional. Kegiatan yang mengusung tema “Living in Harmony With Geohazard” tersebut, menggelar berbagai lomba dan virtual tour. 

“Kita hidup di daerah yang banyak potensi bencana alam, menggelar event ini sebagai bagian cara kita mengingatkan diri dan mengingatkan publik bahwa kita harus senantiasa waspada,’’ kata ketua panitia Meiliawati kepada media ini, Jumat (2/10).

Meli menjelaskan, event bersama ini bertujuan agar masyarakat berperan aktif sebagai pelaku dalam membentuk masyarakat tangguh bencana melalui usaha pengurangan risiko bencana. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap pencapaian tujuan Sustainable Development Goal (SDG’s) yaitu goal ke -9 (industri, inovasi dan infrastruktur), goal ke-11 (Sustaibable Citiesr and Comunities) dan goal ke-13 (Climate Action).

Ada tiga kegiatan lomba yang digelar dalam peringatan hari pengurangan risiko bencana internasional ini. Pertama, lomba baca puisi. Lomba ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan The Hybrid Event: IDDR 2020 (International Day For Disaster Risk Reduction 2020). Grand final akan dilaksanakan pada puncak acara tanggal 12 Oktober mendatang.

Kedua, lomba story telling yang ditujukan untuk usia Sekolah Menengah Pertama yang mengangkat tema ‘me and covid 19’. Grand final juga akan dilaksanakan pada acara puncak The Hybrid Event: IDDR 2020 (International Day For Disaster Risk Reduction 2020).

Ketiga, lomba campaign media sosial. Lomba ini dapat diikuti oleh siapa saja sebagai bentuk usaha massive untuk mengedukasi masyarakat tentang Geohazard dan Mitigasi.

Selain ketiga lomba tersebut, Mely menyebutkan digelar juga joint webinar & virtual geotour with Lushan UNESCO Global Geopark. Kegiatan ini adalah joint event dengan Lushan UNESCO Global Geopark – Tiongkok. Pada saat kegiatan nanti diharapkan akan diikuti oleh 250 orang pelajar tingkat SD, SLTP & SLTA dari 2 negara. Selain itu, di akhir event  akan ada virtual tour ke geosite-geosite yg ada di kawasan Rinjani Lombok UGGp.

“Jadi kita bisa langsung promosi Geopark Rinjani, termasuk juga pariwisata Lombok kepada para pengambil kebijakan di Geopark Lushan, China,’’ kata Manajer Konservasi, Mitigasi Bencanam dan Perubahan Iklim Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark ini.

Pendaftaran untuk kegiatan ini telah mulai dibuka sejak tanggal 20 September 2020 dan puncak acaranya akan dilaksanakan di Sembalun pada tanggal 11 – 13 Oktober 2020 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Mely 0818365884.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.