BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Masa Pandemi, TMMD ke-109 Kodim 1607/Sumbawa Dilaksanakan Sederhana


Sumbawa, - Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Tahun 2020 di Desa Jotang, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa dengan tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" yang dilaksanakan dalam sebuah acara sederhana  di Kantor Bupati Sumbawa. Selasa (22/09).

TMMD Ke 109 tahun 2020 Desa Jotang, dibuka oleh Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya mengatakan, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud operasi militer yang dilaksanakan melalui program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Selaku pimpinan daerah Kabupaten Sumbawa saya patut bersyukur karena tujuan dilaksanakannya operasi TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun nonfisik dan memantapkan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,” ucap Sekda mewakili Bupati Sumbawa.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M. Tr (Han) selaku Dansatgas mengatakan, kegiatan TMMD resmi dimulai pada tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020 ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan proyek pekerjaan dari Bupati Kabupaten Sumbawa kepada Dandim 1607/Sumbawa.

Dandim juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa yang telah mendukung program TMMD Ke 109 Kodim 1607/Sumbawa dan sasaran yang telah direncanakan di dua Desa yakni Desa Jotang dan Desa Jotang Beru di Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa.

Dikatakan, untuk sasaran pelaksanaan TMMD ke 109 ini terbagi menjadi sasaran fisik dan Non fisik. Adapun sasaran fisik berupa pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1100 meter dan lebar 4 meter, pembuatan Jembatan, pembuatan Mushola yang dilengkapi MCK dan tempat wudhu, pembuatan saluran irigasi sepanjang 350 meter dan Rehab rumah sebanyak 9 unit.
Sasaran Non fisik berupa penyuluhan tentang kesehatan, SOP protokol kesehatan, pertanian, peternakan, bidang hukum yang diberikan oleh instansi terkait.
“Semoga TMMD Ke 109 Kodim 1607/Sumbawa sepenuhnya dapat berjalan dengan baik,” kata Dandim.

Dandim juga menyampaikan, upacara pembukaan tidak dilaksanakan dengan pelibatan personel dalam jumlah yg besar, hal ini guna mencegah dan mengikuti protokol Covid-19 dalam rangka pencegahan virus Corona.

“Kami tidak melaksanakan upacara pembukaan secara besar-besaran untuk kegiatan TMMD 109 kali ini, di fokuskan pada kegiatan  penandatangan dan penyerahan proyek pekerjaan dr Pemda Kab Sumbawa kepada Dandim 1607/ Sumbawa selaku Dansatgas TMMD ke 109 tp tidak mengurangi essensi dan kekhidmatan pelaksanaan pembukaan TMMD” jelas Dandim.

Ditambahkan, sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andhika Perkasa yang memerintahkan seluruh satuan TNI AD untuk membatasi kegiatan yang melibatkan orang banyak.
“Selama proses TMMD berlangsung personel yang terlibat dalam Satgas TMMD, kami perintahkan untuk menerapkan protokol Pencegahan  Covid-19, dengan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah bekerja, selalu memakai masker dan menghindari kontak fisik orang per orang serta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, vitamin dan istirahat yang cukup," pungkasnya.(Yd)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.