BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Tak Urus Telur & Beras Lagi, Kali ini Dissos Fokus Validasi Data


Mataram, - Dinas Sosial Provinsi NTB saat ini fokus dalam pendataan penerima Paket JPS Gemilang. Bila sebelumnya dinas ini ikut dalam mengurus tata kelola telur dan beras, selanjutnya fokus mengawal validasi data dengan Kepala Desa. Fokus kepada data penerima JPS Gemilang. Dinas Sosial kemudian akan ikut terlibat dalam pengawasan distribusi oleh perangkat daerah yang telah menyiapkan paket JPS Gemilang. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sosial Prov. NTB H. Ahsanul Khalik kepada media ini, Rabu (6/5).

Sementara itu kata dia, Dinas Ketahanan Pangan fokus menyediakan beras, Dinas Perindustrian menyiapkan minyak goreng lokal, minyak kayu putih, susu kedelai, teh kelor, serbat jahe, gula semut/kopi, Dinas Perdagangan mengadakan minyak goreng di Pulau Sumbawa, Dinas Perikanan mengadakan ikan asin, serta Dinas Koperasi fokus menyiapkan masker.

"Dinas Sosial pada JPS Gemilang tahap kedua fokus berkoordinasi dengan kabupaten/kota terkait verifikasi dan validasi data penerima manfaat. Polanya nanti Dinas menyiapkan data awal yang ada di basis data SIKS NG DTKS  (Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), sesuai kuota masing-masing kabupaten/kota yang telah ditentukan," ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa Tim Dinas Sosial Provinsi bersama tim Dinas Sosial kabupaten/kota akan dibantu TKSK dan Pendamping PKH untuk memverifikasi dan validasi data ke desa. Menentukan mana yang berhak  dan mana yang tidak berhak. Termasuk memasukkan keluarga yang tidak masuk, disesuaikan dengan kondisi lapangan. Selanjutnya hasil verifikasi dan validasi data ditetapkan dengan keputusan kepala desa tentang daftar peberima manfaat JPS Gemilang.

"Acuan JPS Gemilang tetap pada data tahap pertama. Hanya jumlahnya dihitung secara proporsional. Seperti ada desa hanya mendapat dua KK atau 14 KK. Sementara ada desa lainnya sampai 400, 500 bahkan 700 KK. Memastikan penerima JPS Gemilang ini adalah orang yang membutuhkan," tukasnya.(*)


Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.