BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Mi6: Konstruksi Politik Pilkada Loteng 2020, Cermin Kebangkitan Politisi Muda


Mataram, - Mi6 menilai munculnya konstruksi Poros Politik  menyongsong Pilkada 2020 yang digagas dan dipelopori Partai Nasdem, Hanura dan PDIP Lombok Tengah harus dimaknai sebagai upaya konsolidasi politik total para politisi muda.

Bersatunya Kekuatan  Politisi Muda  lintas Partai ini harus diterjemahkan pula  cermin kebangkitan dan Kesadaran Kolektif  yang dihajatkan  ingin membuat _*Sejarah Baru*_.

Mi6 menilai Gimick Politik yg diperagakan oleh Politisi Muda ini sebagai upaya mendobrak tradisi kemapanan / establishme langgam politik lama yang kerap menisbikan peran kaum muda.

"Belajar dari situasi Pilkada  masa lalu, koalisi tiga partai ini nampaknya ingin membangun perspektif dan citra baru dalam melakukan agregasi politik lebih maju di Pemilukada  2020," kata Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH didampingi Kepala Litbang Mi6, Zainul Pahmi, M.Pd, Kamis ( 9/1).

Menurut laki-laki yang kerab disapa Didu ini, Pemilukada Loteng  2020 diprediksi akan melahirkan Paslon Baru yang memiliki power dan track record yang mumpuni sebagai Calon Kepala Daerah yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Fenomena munculnya beragam calon dari berbagai latar belakangan ini merupakan keinginan yang kuat  menjadi _*best of the best*_ melalui pesta demokrasi lima tahunan ," tambah Kepala Litbang Mi6 Zainul Pahmi, M.Pd.

Selanjutnya Pahmi mengakui berbagai calon  pendatang baru yang mencuat di publik belakangan ini rata-rata belum pernah mengikuti berbagai konstestasi politik sebelumnya.

"Jadi wajar jika saat ini  tingkat popularitas/elektabilitasnya dibawah  Petahana dan Akseptabilitas Paslon yang belum merata dimata konstituen ," sambung Pahmi.

Pahmi melanjutkan terkait  karakteristik pemilih  yang memiliki ke-khas-an, maka diperlukan upaya upaya ekstra kuat dan tekun dari para pendatang baru meraih hati votters.

"Strategi door to door yang efektif ,   jalinan kerja tim pemenangan yang menguasai medan serta mampu merekam secara pasti  _*need asesment*_ disetiap kantong pemilih,  salah satu kunci sukses pendatang baru," tukas Ketua Pemuda NW NTB ini.

Selanjutnya  didu menegaskan harus diakui saat ini dalam setiap konstestasi politik,  kekuatan petahana tidak mudah digoyahkan khususnya dari sisi popularitas maupun elektabilitasnya. Hal ini karena Petahana memiliki pengalaman dan rekam jejak pertarungan Pilkada sebelumnya.

"Terlepas apapun hasilnya nanti , Adu kuat ketangguhan power politik petahana // jika maju lagi // akan diuji dengan munculnya  Fenomena baru Koalisi Tiga Partai yang dipelopori Anak Muda ini," tukasnya.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.