BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kodim Sumbawa Amankan BB di Hutan Jati Semamung


Sumbawa, - Kodim 1607/Sumbawa bersama KPH Batu Lanteh tetap eksis mengamankan hutan dengan melakukan patroli bersama seperti yang dilakukan pada Sabtu malam (30/11).

Patroli bersama hingga Minggu siang (1/12) di hutan jati Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu ini dipimpin Kasi Pengamanan KPH Suparman, S. Hut., dan membuahkan hasil berupa kayu dengan panjang 2 meter sebanyak 54 batang dan 1 unit sensow di dua lokasi berbeda. Sementara terduga pelaku berhasil melarikan diri.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., memberikan apresiasi atas keberhasilan pihaknya bersama KPH Batu Lanteh mengamankan puluhan batang kayu yang diduga hasil ilegal logging.

Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan dukungan dan support kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas kehutanan untuk mengamankan kawasan hutan dengan mengirimkan personel melaksanakan patroli bersama dengan KPH.

"Kondisi hutan kita saat ini memperihatinkan, penebangan pohon secara liar akan memberikan dampak negatif bagi kita semua terutama masyarakat yang tinggal disekitar kawasan hutan," ungkap Dandim.

Memasuki musim hujan, lanjut Dandim, pihaknya mengingatkan agar tetap waspada terutama di tempat-tempat yang rawan banjir dan longsor.

Selain itu, Dandim juga berharap instansi terkait agar tegas terhadap pelaku ilegal logging dengan menerapkan ketentuan hukum yang berlaku sehingga memberikan efek jera bagi pelaku maupun oknum yang berpotensi untuk melakukan illegal logging.

Alumni Akmil 2000 tersebut juga mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan dengan tidak melakukan pembalakan liar dan mencanangkan reboisasi terhadap hutan dan lingkungan mengingat sudah mulai musim hujan sehingga pohon akan cepat tumbuh dan bermanfaat bagi anak cucu kedepan.

Puluhan batang kayu dan satu unit sensow sebagai barang bukti dipikul dari lokasi oleh tim gabungan menuju mobil angkutan dan diamankan di Kantor KPH Batu Lanteh Sumbawa.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.