BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Raih Beasiswa YES, Siswi SMAN 1 Gerung Promosikan Pariwisata NTB di AS


LOMBOK.BARAT, - Seorang siswi SMAN 1 Gerung Kabupaten  Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Legia Ananda  lolos seleksi mengikuti program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program 2019.

"Legia Ananda sudah berangkat tanggal 5 Agustus 2019 ke AS untuk mengikuti program YES. Ini merupakan program beasiswa penuh yang didanai Kementerian Luar Negeri AS dan diberikan kepada pelajar tingkat SMA atau sederajat," kata Kepala SMAN 1 Gerung, Hj. Erni Zuhara, M.Pd kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu,( 7/8).

Menurutnya, seleksi untuk mengikuti progra Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) di Amerika Serikat sangat kompetitif. Legia sendiri harus berkompetisi dengan pelajar yang ada  di NTB.

"Alhamdulillah, Legia Ananda satu-satunya siswi dari NTB untuk mengikuti program tersebut, "katanya.

Dikatakannya, Legia Ananda mengikuti serangkaian seleksi wawancara pada Selasa (21/5/2019) di Konsulat Jenderal AS di Surabaya untuk visa keberangkatan ke Amerika Serikat.

"Selama 10 bulan di sana, mereka adalah  duta bagi Indonesia di Amerika. Sepulangnya nanti, mereka menjadi duta Amerika untuk Indonesia," katanya.

Ditambahkannya, selama di sana, Legia Ananda akan terlibat dalam kegiatan sekolah dan masyarakat sekitar. Dengan begitu, mereka tak hanya mendapat pengalaman pertukaran pelajar, mereka pun akan tinggal dan merasakan hidup sebagai anak Amerika Serikat.

"Secara langsung Legia Ananda sebagai duta pariwisata Kabupaten Lombok Barat, NTB,  dan secara umum duta Indonesia,"katanya.

Menurutnya, keberhasilan Legia Ananda juga tidak terlepas dari peran sekolah yang mengadakan kegiatan eskul Englis Study Club. Awalnya, proses pendaftaran online program ini sangat kompetitif. Dimana, Legia harus bersaing dengan teman satu sekolahnya (SMAN 1 Gerung) sebanyak 1.004 orang, tapi yang mengikuti hanya 11 siswa. Belum lagi berkompetisi dengan siswa se-NTB,

"dirumahnya bersama keluarga Legia selalu berbicara bahasa Inggris. Ia juga pernah juara lomba debat bahasa Inggris," sambungnya.


Ia berharap kedepan lebih banyak lagi Legia- Legia lainnya sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia.

"Kami bekali Legia dengan pengetahuan budaya Lobar dan NTB, sehingga bisa mempromosikan pariwisata khususnya Lobar dan NTB," katanya.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.