F MENELITI NW, SEJARAWAN OXFORD GELAR FGD DENGAN PRODI PENDIDIKAN SEJARAH - Mata Nusantara -->

MENELITI NW, SEJARAWAN OXFORD GELAR FGD DENGAN PRODI PENDIDIKAN SEJARAH


Selong, - Senin 2 September 2019, sejarawan Oxford (Inggris) Prof. Kevin W. Fogg, P.hD mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitiannya tentang sejarah Nahdlatul Wathan dalam perspektif sejarah sosial. FGD ini dihadiri oleh para akademisi khususnya dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, guru sejarah, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakulas Ilmu Sosoal dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi. Kevin W. Fogg sudah tidak asing lagi bagi dalam dunia akademik kesejarahan baik di YPH PPD NW Pancor maupun di Universitas Hamzanwadi Sendiri karena beberapa tahun sebelumnya pernah menjadi pembicara dan mengulas pentingnya memahami sejarah dengan pendekatan multidimensional.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Shalawat Nahdlatain yang dipimpin oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Lalang Alipya dan sambutan oleh Dr. Badarudin, M.Pd selaku ketua Program Studi Pendidikan Sejarah yang sekaligus dalam hal ini menyampaikan terimakasih karena dipercaya sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini.


NW seperti halnya organisasi besar lainnya bagi Prof. Kevin sangat menarik untuk dibidik dalam riset ilmiah terutama dalam konteks sosialnya yang sangat kompleks dan unik.

"Meskipun NW sudah menjadi kajian yang tidak asing dalam riset, bagi saya keberadaan organisasi ini tetap saja penting dan memiliki sisi-sisi menarik untuk diteliti lebih luas dan mendalam," sambungnya.

Kegiatan FGD ini cukup menarik perhatian dan antusiasme para peserta. Beberapa akademisi seperti Syahrul Amar, M.Pd, Drs. Bambang Eka Saputra, M.Pd, Abdul Hafiz, M.Pd memberikan masukan untuk melengkapi hasil penelitian. Prof Kevin yang mengulas hasil penelitiannya dengan bahasa Indonesia dengan sangat baik sempat membuat beberapa peserta yang baru pertama kali mengikuti kegiatannya terpesona. Sebagai peneliti yang sudah malang melintang di Indonesia tentu saja hal tersebut sangat wajar.

Kegiatan diakhiri dengan sesi poto peserta dengan Kevin W. Fogg yang begitu menikmati antusias para peserta yang menghadiri kegiatan tersebut. (Pancolie)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel