F KPU Sumbawa Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama dengan IDI - Mata Nusantara -->

KPU Sumbawa Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama dengan IDI

Sumbawa, - Tindak lanjut hasil koordinasi Ketua KPU Kabupaten Sumbawa bersama Ketua IDI, Ketua HIMPSI dan Kepala BNN Provinsi NTB, Senin (31/8) bertempat di auditorium RSUD Provinsi NTB telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama pemeriksaan kesehatan bagi Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020. 

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa M. Wildan, MPd menyatakan, kesepakatan bersama yang telah kami tanda tangani tersebut bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba secara menyeluruh bagi bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020, sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengedepankan prinsip perlakuan setara bagi Bakal Calon.

Dikatakan, dalam kesepakatan tersebut juga disepakati lingkup pemeriksaan kesehatan yang dilakaukan terhadap bakal calon yang dilakukan tm pemeriksaan yang dibentuk terdiri dari Unsur IDI, BNN, DMPSI dan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain ittu IDI Wilayah Nusa Tenggara Barat juga telah merekomendasikan Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020, dan Selanjutnya tempat pemeriksaan kesehatan tersebut akan  disampaikan secara resmi kepada Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2020.

‘’Ada hal yang berbeda dari pemeriksaan jesehatan bakal calon dengan Pilkada sebelumya, dimana sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, kepada bakal calon akan dilakukan Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), sebagai bentuk komitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, " ujar M.Wildan.

Jadwal pemeriksaan kesehatan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 11 September 2020 dan pemeriksaan kesehatan  terhadap bakal calon yang dinyatakan diterima pendafarannya dilaksanakan pada masa pendaftaran, yakni 4 hingga 6 September 2020. (Yd)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel