F Kekeringan Mengancam, HBK Serahkan Bantuan Pompa Air di Lombok Utara - Mata Nusantara -->

Kekeringan Mengancam, HBK Serahkan Bantuan Pompa Air di Lombok Utara


Lotara, - Saat ini, beberapa wilayah di Pulau Lombok mulai dilanda kekeringan. Lahan pertanian ataupun sumur resapan milik warga pun mulai mengering, termasuk di beberapa wilayah di Kabupaten Lombok Utara.
Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, anggota DPR RI dari Dapil NTB II/P. Lombok, H. Bambang Kristiono SE, atau yang akrab dipanggil HBK, telah menyalurkan bantuan Pompa Air untuk petani dalam rangka mengantisipasi ancaman kekeringan tersebut, hasil perjuangan aspirasinya dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Acara serah terima Pompa Air bantuan untuk para petani tersebut dilakukan di Sekretariat Kelompok Tani Tunas Jari 1, Dusun Telaga Segoar, Desa Loloan, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (12/09/2020).

“Saya berharap melalui bantuan Pompa Air ini, para petani bisa menyedot pasokan air dari sumber mata air, seperti aliran sungai atau embung", kata HBK, yang juga adalah Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini.

"Saat ini baru tiga Unit yang berhasil kami salurkan untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara, nantinya penyaluran Pompa Air akan kami perluas jangkauannya dan akan ditambahkan jumlahnya sesuai sebaran kekeringan di areal pertanian masyarakat", lanjutnya.

“Mohon do'anya saja, agar saya bisa terus mampu memperjuangkan aspirasi para petani Pulau Lombok di gedung Senayan, Jakarta", katanya optimis.

Menurut para petani penerima, penyaluran bantuan Pompa Air ini sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk mengairi areal persawahan di daerah-daerah yang debit sumber tangkapan airnya kurang.
Diperkirakan kemarau akan berlangsung hingga pertengahan September mendatang, berdasarkan laporan BMKG.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Lombok Utara, Sudirsah Sujanto mengatakan, ini adalah bukti dari keseriusan dan kecintaan HBK kepada masyarakat P. Lombok.

“Kita masyarakat KLU tidak salah memilih beliau (HBK) yang telah terus berjuang untuk masyarakat dan para pemilihnya di tengah serangan pandemi Corona, dan membuktikan janji-janjinya pada saat kampanye Pileg dulu, yang berjanji untuk membantu mensejahterakan para petani", kata Sudirsah saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Zakaria, Ketua Kelompok Tani Pade Mele 1, petani Dusun Telaga Segoar, Desa Loloan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, mengaku bahwa dirinya merasa lega setelah adanya bantuan Pompa Air dari HBK ini, harapannya tanaman padi seluas 1 Ha miliknya bisa terselamatkan dari bahaya kekeringan.
Saat ini, tanaman padinya tumbuh subur karena mendapat pasokan air sungai yang disedot oleh Pompa Air milik kelompok taninya.

"Alhamdulillah, dengan tambahan mesin Pompa Air dari pak HBK ini, akan menambah luas jangkauan sawah miliknya juga milik kelompok tani juga milik masyarakat yang membutuhkan pasokan airnya", katanya. (*)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel