F Program IPAL Sasar 39 Desa - Mata Nusantara -->

Program IPAL Sasar 39 Desa

Lombok Barat, - Persoalan sanitasi bukan sekadar program peningkatan kesehatan, melainkan juga membangun lingkungan yang sehat, bersih, dan menyenangkan. 

Dalam konteks ini, Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Barat turut ambil bagian dalam pembenahan infrastruktur sanitasi.

Salah satunya lewat program Sanimas IsDB (sanitasi berbasis masyarakat), dalam bentuk pembangunan infrastruktur Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). 

Program ini disebut sanitasi berbasis masyarakat karena melibatkan partisipasi warga mulai sebelum pembangunan hingga pemeliharaan sarana dan prasarana IPAL, termasuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) dan kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP).

Program ini menyasar 39 desa yang ada di Bumi Patut Patuh Patju.

Ir. Made Artadana,MM Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan ruang Kabupaten Lombok Barat mengatakan bahwa  Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) tahun 2020 ini awalnya tertunda. Tetapi, setelah terbitnya surat keputusan Menteri Keuangan sekitar dua minggu yang lalu, program ini bisa di tindaklajuti.

"Berdasarkan SK Menteri Keuangan ini, kami bekerja mempersiapkan segala sesuatu agar program ini bisa berjalan sesuai rencana," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (10/8).

Dikatakannya, sebelum ada kejelasan program ini , para tenaga fasilitator program ini sempat di rumahkan. Saat ini mereka kembali di panggil untuk segera mengerjakan pelaksanaan program ini. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan para kepala desa dan calon kelompok swadaya masyarakat (KSM).

"Pada prinsipnya kami berkomitmen untuk melaksanakan program ini," katanya.

Menurutnya, pihaknya sudah mengumpulkan para KSM  untuk menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan dinas.

KSM diminta untuk segera melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk mengadakan tender pengadaan barang dan jasa yang ada dalam program ini.

Target pengerjaan program   pada bulan Desember  2020 sudah tuntas. Anggaran program IPAL ini sebesar Rp. 17 milyar. 

"Untuk transfer keuangan, bagian keuangan yang lebih tau. Uang itu akan di transper ke buku tabungan Para KSM," katanya.

Pada tahun sebelumnya, program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM), Kelompok Sanitasi Masyarakat (KSM) dan KPP SLBM Kabupaten Lombok Barat yang sudah rampung di sembilan desa dari empat kecamatan yang ada di Lombok Barat, Rabu 29 November 2017 diresmikan oleh Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid di Dusun Gubuk Raden, Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung,Kabupaten Lombok Barat.(sh)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel