BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Gubernur NTB Berencana Kirim Anggota BPBD Latihan di Australia


Mataram, - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan salah satu lembaga strategis. Apalagi dalam situasi pendemi Covid-19 seperti saat ini, sebagai musibah non alam yang harus menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk oleh BPBD.

Penanggulangan berbagai bencana, baik alam maupun non alam di NTB ini perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni yang terlatih dan memiliki keterampilan khusus di bidang kebencanaan.

Karena itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berencana mengirim anggota BPBD Provinsi NTB untuk berlatih dan bertukar wawasan dengan anggota Tim SAR yang ada di Darwin, Australia. Gubernur menjelaskan bahwa pelatihan atau training ini sangat penting dan dibutuhkan untuk membangun jembatan pengertian serta kemampuan untuk penanganan bencana di daerah. Ia meminta Kepala BPBD untuk mendatailkan rencana tersebut.

"Mohon kepala BPBD untuk menindaklanjuti ini," kata Gubernur  saat bersilaturahim dalam rangka halalbihalal dan pembinaan ASN di Kantor BPBD NTB, Kamis (25/06/2020).

Gubernur menilai anggota BPBD yang terlatih dan memiliki skill di bidang kebencanaan bisa langsung bergerak membantu masyarakat ketika terjadi berbagai bencana. Apalagi posisi NTB yang tidak jauh dengan Darwin yang membuat komunikasi dan mobilitas saat pelatihan terbilang mudah.

Pelatihan ini juga kata Gubernur diperlukan untuk mendukung peralatan kebencanaan yang saat ini tersedia di BPBD seperti kendaraan operasional, baik untuk dipergunakan di daerah perairan maupun darat. Termasuk kendaraan yang dimanfaatkan untuk dapur umum.

Plt. Kepala BPBD NTB, Ir. H. Ahmadi, SP-1 menyambut bahagia tawaran Gubernur untuk melatih anggota BPBD ke Australia. Menurutnya, antara Indonesia, khususnya Provinsi NTB memiliki banyak kesamaan. Termasuk kesamaan iklim yang dapat mendukung peningkatan keterampilan para anggotanya.

"Itu suatu tawaran yang luar biasa. Biasanya kami banyak bekerjasama dengan Jepang. Nah, sekarang ada Australia lebih bagus karena secara iklim atau kondisi mirip," ungkapnya.

Ia berharap, pelatihan kebencanaan itu dapat meningkatkan kemampuan, kecerdasan dan keahlian anggotanya.

"Ini tawaran yang menarik, supaya SDM kami ini, dari tahun ke tahun makin cerdas," imbuhnya.

Kunjungan Gubernur ke BPBD itu juga dalam rangka memberikan arahan serta semangat kepada seluruh jajaran di OPD tersebut. Salah satu isi arahannya adalah semua ASN harus berupaya menciptakan suasana kerja yang nyaman, penuh kekeluargaan serta persahabatan.

"Maka kuncinya adalah senantiasa melakukan silaturahim secara informal di rumah. Dengan demikian akan muncul cara pandang yang berbeda terhadap seseorang serta silaturahim ini dapat meningkatkan produktivitas kerja," katanya.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.