BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Antisipasi Terjangkit, Simulasi Korona Telah Dilakukan di Sejumlah Sekolah



Tanjung, - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr H Aidi Furqan mengatakan, sosialisasi virus corona sudah mulai dilakukan di sejumlah sekolah di NTB. 

"Sejak pekan lalu, kami bersama Dikes NTB sudah melakukan sosialisasi preventif pencegahan corona ya, karena ini kan sudah masif. Tapi untuk sekolah di NTB tidak terlampau khawatir karena sekolah di  NTB kan sudah terbiasa dengan sekolah bersih dan sehat. Sebenarnya pola hidup bersih dan sehat ini kan langkah antisipatif juga," katanya pada kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, SMK, dan SLB Negeri se-Lombok di Tanjung, Sabtu (14/3).

Selain itu, Furqan mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sudah menerbitkan surat edaran tentang antisipasi virus corona di sektor pendidikan.

"Kementerian juga sudah ada edaran, salah satunya kelonggaran dan pemberian izin untuk siswa yang sakit. Tapi kita di NTB masih mengkaji lagi terutama soal tata cara bersalaman. Karena kita kan bersalaman ini sudah menjadi budaya baik di sekolah," katanya.

Senada, Kepala Sekolah SMAN 1 Mataram Kun Andrasto memastikan pihaknya di sekolah telah melakukan arahan pemerintah jauh sebelumnya terutama dalam hal kebersihan.

"Insya Alloh sekolah kita terjaga karena kebiasaan bersih yang telah ditanamkan kepada siswa sejak lama dan pola hidup sehat terus kita tekankan baik kepada siswa dan para guru, sosialisasi korona juga berjalan terus, kita datangkan tim dari dikes untuk melakukan simulasi pencegahan serta bersiap jika ada kemungkinan yang terjangkit virus itu," terangnya.

Ia juga memastikan siswa yang dalam keadaan demam atau flu biasa tidak diwajibkan ikut belajar di kelas.

Mengantisipasi merebaknya virus corona, Pemerintah NTB sudah menyiapkan sejumlah rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai termasuk di RSUD Provinsi NTB.

Pemprov NTB juga sudah membentuk Posko Kewaspadaan Viru Corona di bawah koordinasi Dinas Kesehatan NTB.
Hingga Kamis (12/3) lalu di Provinsi NTB belum ditemukan kasus positif terjangkit virus Corona.

Data Posko Kewaspadaan Virus Corona NTB, menyebutkan, tercatat 109 Orang Dalam Pemantauan (ODP) oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Provinsi NTB. Dari jumlah tersebut 85 diantaranya sudah dinyatakan negatif. Sementara sisanya 24 ODP masih dalam pemantauan di rumah masing-masing, di Graha Mandalika, maupun RSUD Provinsi NTB. Sementara 8 orang yang dinyatakan Pasien Dengan  Pengawasan (PDP) seluruhnya sudah dinyatakan negatif Corona. (*)

Komentar0

Type above and press Enter to search.