BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kapolda NTB Pelopori Penanaman 2000 Pohon di Desa Prabu Loteng



Loteng, - Pada hari Kamis tanggal 2 Januari 2020,  bertempat  Desa Prabu Kec.Pujut Lombok Tengah dilaksanakan penanaman pohon /penghijauan, yang dihadiri oleh PJU Polda NTB, Wakil Bupati Lombok Tengah, Camat Pujut, dan Kades Sekecamatan Pujut.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM mengatakan bahwa upaya penyelamatan lingkungan  rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta penghijauan sudah tidak dapat dihindari lagi karena bumi saat ini mengalami ancaman global yang serius seperti banjir, erosi, tanah longsor dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna kebakaran lahan dan hutan serta  bertambahnya  penduduk dan sebagainya.

"Dengan adanya lahan yang ditumbuhi pepohonan akan berfungsi melindungi lahan disekitaranya, sehingga akan dapat terjaga keseimbangannya. Mengingat dampak yang begitu luas maka perlu komitmen seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengatasi pemanasan global salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah banyak penanaman pohon karena pohon diyakini mempu menyerap kadar CO2 dalam atmosfir selain itu juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan," terangnya kepada media ini.

Ia menegaskan saat ini upaya untuk menghutankan kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau belum menjadi kebiasaan masyarakat namun demikian peran pemerintah yang salah satunya institusi Polri, hal ini sesuai dengan perintah Kapolri yang memerintahkan seluruh jajaran  melakukan penanaman pohon yang menyertakan  elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup.

Kapolda NTB mengharapkan untuk seluruh personil Polri membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan, hutan dan alam sekitar dimana  bertempat tinggal dengan membiasakan menanam pohon, secara berkelanjutan yang merupakan gerekan nyata seluruh komponen bangsa untuk menanam pohon guna memdukung program penghijauan.

"Adapun pohon yang ditanam dibekas bukit  yang tadinya dijadikan tambang ilegal sebanyak 2000 pohon,  hal ini menunjukkan komitmen Polri dan pemerintah dalam menghijaukan kembali lokasi-lokasi yang sudah gundul dengan menerjunkan pasukan yang terdiri dari TNI-Polri sebanyak 200 personil," ungkap Nana.

Acara diakhiri dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada kades prabu dan dilanjutkan dengan penanam pohon oleh Kapolda NTB, Wakail Bupati Loteng, PJU Polda NTB, dan seluruh anggota yang hadir.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.