BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

YPH PPD NW Pancor Gelar "Hamzanwadi go Green 2019"


Lotim, - Sebagai bentuk pengabdian dan upaya mendukung program NTB Gemilang menuju NTB Hijau, civitas akademika Universitas Hamzanwadi di bawah koordinasi Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain (YPH PPD) NW Pancor melakukan kegiatan menanam pohon di lingkungan Yayasan yang berada di tengah kota Selong, Lombok Timur NTB dengan melibatkan ribuan santri dengan tema “Hamzanwadi go Green 2019”.

Penyerahan bibit pohon kepada santri secara simbolis dilakukan oleh Hj. Dukha Yunitasari, M.Pd. selaku pengurus yayasan.

Humas Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Halqi mengatakan, penanamana pohon ini menjadi salah satu upaya menghasilkan energi dan sumber daya alam baru, mengingat saat ini pepohonan sudah mulai jarang, terlebih lagi di wilayah perkotaan.

Penanaman pohon ini juga sebagai salah satu bentuk kontribusi YPH PPD NW Pancor kepada pemerintah daerah yang saat ini berikhtiar membangun NTB Gemilang yang lestari dan asri.

"Kegiatan penanaman pohon dengan berbagai jenis seperti sengon, mahoni, trembesi, durian, dan nangka saat ini sebanyak 15 ribu bibit. Kegiatan ini tidak hanya terhenti pada saat menanam, namun keberlanjutan berupa monitoring perawatan," jelas Halqi di sela-sela kegiatan penanaman, Kamis (19/12).

Oleh karena itu, lanjut dia, semua yang terlibat penanaman pohon diharap akan melakukan monitoring perawatan secara berkala selama beberapa bulan untuk melihat pertimbuhan bibit yang sudah ditanam.

"Tanpa monitoring dan perawatan, apa yang ditanam hari ini tidak mungkin mendapatkan hasil maksimal. Jadi monitoring ini sangat penting, melakukan tambal sulam dan bila perlu pemupukan," jelasnya.


Halqi juga menegaskan, kegiatan ini selain melibatkan mahasiswa, juga melibatkan semua santri di lingkungan yayasan dengan jumlah belasan ribu dikomandoi oleh kepala madrasah masing-masing.

"Kami bersyukur kegiatan berjalan lancar dan aman, semoga kegiatan ini menjadi acuan masyarakat untuk selalu tetap menjaga lingkungan dengan menanam pohon sehingga menjadi hijau dan asri," tutup Halqi.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.