Evi Ajak Masyarakat Lawan Politik Uang dengan 4 Pilar


Mataram, - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil NTB, Evi Apita Maya menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Kamis (28/11) di gedung dakwah Muhammadiyah, Mataram.

Evi menjelaskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara peranan Empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, sangatlah penting.

"Empat pilar dasar langkah kita dalam bernegera yang saling berkaitan satu sama yang lain dan tidak terpisahkan, sehingga bisa dikatakan sebagai elemen yang sangat vital dalam tatanan pemerintahan kita,"ungkap Evi.

Ia mengimbau generasi muda agar semangat 4 Pilar itu tidak hanya sekedar sebagai bahan diskusi, tapi bagaimana mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Evi juga menyinggung soal kesiapan masyarakat dalam menghadapi pemilukada serentak di tahun 2020.  Seperti halnya di Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat tujuh kabupaten kota yang akan menggelar pilkada serentak pada 2020 yaitu kabupaten Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, kabupaten Bima dan Kota Mataram.

"Semua perhatian dan energi sebagian dari kita akan terkuras, jangan gampang terprovokasi dan terpecah soal beda Pilihan, sebagai manusia yang cerdas dan generasi yang terdidik harus siap dalam segala hal," katanya di hadapan sebagian besar mahasiswa yang hadir.

Ia meminta masyarakat untuk semakin sadar dengan nilai-nilai budaya yang ada, maka peranan 4 Pilar Kebangsaan sangatlah penting. Perpecahan, adu domba, atau bahkan fitnah, bisa dicegah ketika semua sadar akan keempat pilar tadi.

Menjawab pertanyaan peserta soal money politic, menurutnya money politic kadang susah di hilangkan dalam setiap momentum Politik. Ia pun menghimbau lagi agar masyarakat tidak mudah dan gampang  dipengaruhi oleh uang.

"Jangan karna uang kita memilih pemimpin yang salah, jangan karna uang kita menjual harga diri kita, apapun alasannya,  bertolak belakang dengan demokrasi dan nilai-nilai 4 pilar wawasan kebangsaan dan bernegara, "yuk kita semua lawan politik uang, jadilah generasi masyarakat cerdas untuk memilih pemimpin nya,"imbau Evi Apita Maya diikuti tepuk tangan ratusan peserta yang hadir.

Lebih jauh Kepada peserta, Evi menjelaskan tentang tugas dan fungsi anggota DPD RI. Menurut Evi tugas DPD RI hanya sebagai perancang Undang-Undang semata.

"DPD RI hanya bisa merancang Undang-Undang, tidak bisa mengesahkan, itulah beratnya tugas kita (DPD RI, red)," jelasnya.

Sementara, Candra Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Mataram selaku pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang prinsip-prinsip NKRI.

"Ada tiga hal dalam berNKRI, yakni Kemerdekaan, persatuan bangsa, dan persatuan wilayah," katanya.(im)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel