BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Resmikan Desa Wisata, Gub NTB: SDM Kunci Utama Kemajuan Pariwisata



Lombok Tengah, - Pengembangan Kemajuan dunia pariwisata sangat ditentukan oleh lingkungan yang bersih dan sehat, selain di dukung Sumber Daya Manusia yang maju.

"Yang terpenting selain keindahan alam dan kebersihan lingkungan, Sumber Daya Manusia adalah hal yang utama untuk kemajuan pariwisata," ujar Gubernur NusaTenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, saat meresmikan  Desa Wisata Bahari Bilelando dan Bilelando Communitty Base Tourisme Dusun Kelongkong Kecamatan PrayaTimur Lombok Tengah, Minggu,(17/02/2019).

Gubernur yang saat itu didampingi istri Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menegaskan bahwa, dengan diresmikannya Desa Wisata Bahari Dusun Kelongkong ini, kedepan diharapkan Desa Bilelando akan  menjadi desa yang maju, sejahtera, bersih dan indah.

"Pemerintah Provinsi akan siap dan selalu mendukung segala kebutuhan demi kemajuan desa wisata ini dan yang paling penting, harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan menyiapkan toilet-toilet umum bagi para wisatawan walau
sederhana dan tidak perlu mewah," harap Gubernur.

Sedangkan terkait Sumber Daya Manusia untuk kemajuan desa wisata ini kedepan, dalam kesempatan itu Gubernur meminta kepada Kementerian Pariwisata Bahari,
agar memberikan jatah bagi  pemuda-pemuda di Desa Bilelando ini, untuk mendapatkan beasiswa program belajar keterampilan bahasa inggris dan memperdalam keilmuan di bidang wisata bahari.

Pada kesempatan yang sama, Deputi bidang SDM, Iptek dan Budaya Kementerian Koordinator Kemaritiman  RI, Bpk. Dr. Andreas  Patria, S.Pi, MSi mengagumi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada masyarakat Bilelando yang memilki semangat kuat untuk maju.

"Alhamdulillah semangat masyarakat dan pemerintah yang mendukung adalah modal utama untuk kemajuan pembangunan," katanya.

Ia berharap demi kemajuan desa wisata ini dibutuhkan sinergi semua pihak agar apa yang dicita-citakan bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu ia menghimbau pemerintah daerah khususnya Kabupaten Lombok Tengah, untuk menjamin kesinambungan pariwisata daerah disyaratkan menyelesaikan tata ruang terlebih dahulu agar penataan objek wisata di daerah ini menjadi lebih baik.

"Kedepan kami mengharapkan kegiatan internasional tidak hanya dilaksanakan di Bali dan daerah lainnya namun juga akan diprogramkan di objek-objek pariwisata di NTB," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lombok Tengah H.M. Suhaili F.T menambahkan dengan di launchingnya desa wisata ini, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah pada umumnya dan khususnya bagi masyarakat Desa Bilelando.

"Paling tidak ini sebagai ikhtiar masyarakat kami dalam membagun dan meningkatkan kesejahteraan desa. Inilah salah satu ikhtiar masyarakat kami, untuk mau merubah  diri dari suatu hal yang kurang baik menjadi lebih baik," ujar Suhaili.

Lebih dari itu, Suhaili berharap semoga ini akan menjadi semangat bagi keluarga besar Bilelando, untuk terus membenahi lingkungan dan pribadi masyarakat yang lebih baik kedepan.

"Saya yakin bila perhatian pemerintah terus-menerus seperti ini, insya Allah masyarakat akan mendukung lebih semangat lagi," pungkasnya.

Kepala Desa Bilelando Ramayadi, A.Ma saat itu juga berkesempatan menjelaskan kondisi pantai Klongkong, yang hingga saat ini masih sangat alami. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan terumbu karang yang masih sangat bagus.

Ia menambahkan, untuk lebih memperkenalkan pantai Kelongkong kedepan, akan ada tempat  menarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara seperti wisata memancing, menyelam, kuliner, hingga pada pagelaran kesenian daerah seperti, gendang belek dan sebagainya.

" Semoga untuk kemajuan wisata bahari Pantai Kelongkong,  setidaknya dalam waktu dekat ada bimbingan dan pelatihan bagi masyarakat  di wilayah Desa Kelongkong," harap Ramayadi kepada Pemprov dan Pemda Loteng.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.