BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Tanpa Kekerasan Fisik, MPLS Menyenangkan dan Gembira di SMPN 2 Kuripan


LOMBOK BARAT, - Ada pemandangan lain yang tergambar di lingkungan SMPN 2 Kuripan, Kamis (18/7/2019) pagi. Ratusan siwa baru hasil PPDB, sudah dikumpulkan untuk mengikuti massa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Sejak pukul 06.30 WIB, sekitar 149 siswa baru itu dikenalkan dengan berbagai program dan lingkungan di SMPN 2 Kuripan  yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah.

Menariknya, tak ada kekerasan atau kegiatan berbau fisik di hari keempat MPLS itu. Sebaliknya, gelak tawa, suasana gembira tampak mendominasi roman para siswa baru tersebut.

" Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016.

"Kata Waka Kesiswaan  SMPN 2 Kuripan H. Moh Wajdi, M.Pd. kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dikatakan, tujuan utama MPLS adalah membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru. Karenanya, kegiatan perploncoan, hukuman fisik tidak mendidik atau pembulian senior kepada junior dilarang untuk dilakukan dalam MPLS.

"Suasana menyenangkan terlihat ketika peserta didik baru ini lomba yel-yel antar gugus,"katanya.

Dikatakan,berbagai meteri diberikan kepada peserta didik baru diantaranya materi pengenalan lingkungan sekolah, program dan cara belajar, latihan baris berbaris, pendidikan karakter   dan bersih lingkungan.

"Tidak ada perpeloncoan, justru kita isi dengan kegiatan yang positif dan mendidik karakter anak,” terangnya.(sh)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.