BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

FKMM Reborn Perlu dibangkitkan Kembali


Mataram, - Alumni Forum Komunikasi Mahasiswa Mataram ( FKMM ) perlu melakukan Reuni Akbar paska Gelaran Pemilu Serentak 2019. Hal ini penting sebagai upaya pra kondisi untuk membangkitkan  FKMM agar eksis kembali sebagai wadah perjuangan student movement di era abad  Millennial.

FKMM di era Millennials selain sarana advokasi  kalangan aktivis pergerakan mahasiswa, juga perlu  memahami perkembangan kemajuan tekhnologi dalam melakukan campaign gerakan.

Pesatnya kemajuan platform  tekhnologi Informasi harusnya direspon dengan dengan cara memperkuat kapasitas dan skill kalangan aktivis yang memahami Tehnologi, khususnya 4.0.

Dalam konteks tersebut, Alumni atau Senior FKMM perlu berkumpul dan memberikan jalan keluar dalam merespon perkembangan Tehnologi sebagai sarana mendukung aktivitas pergerakan di era millennials.

Demikian disampaikan Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH melalui Siaran Pers yang disampaikan ke Media, Selasa (16/4).

Menurut Dir Mi6 yang akrab disapa Didu, FKMM didirikan dan di deklarasikan  pada tanggal 10 Desember 1988 di taman budaya   oleh sekumpulan aktivis Mahasiswa Unram, Muhammadiyah, IKIP menjadi tonggak utama kebangkitan gerakan mahasiswa Mataram di era Orde Baru.

"Aktivis FKMM kemudian menjadi Avant Garde atau pelopor utama mencetuskan *Gerakan Anti Pembodohan* Medio Mei 1990 yang mengusung isu  menuntut kebebasan mimbar, pendidikan politik dan penurunan uang SPP dan Wisuda," kata Didu.

Didu menambahkan Aksi besar yg diikuti ribuan mahasiswa tersebut berakhir dengan Happy Ending, Pihak Rektorat Universitas Mataram mengabulkan semua tuntutan Gerakan Anti Pembodohan.

"Dari Aksi tersebut kemudian muncul Aktivis-aktivis muda Mataram yg kelak menjadi kekuatan FKMM seperti Nurdin Ranggabarani, Moh Syafik, Alm Hendar Fahmi Ananda yg terkenal dengan oratornya yang memukau, kemudian ada Sirra Prayuna, Budi Adyana, Alm Imtihan Taufan, aktivis perempuan FKMM Sunan Khaerani," tambah Didu.

Paska Gerakan Anti Pembodohan ( GAP ) ungkap Didu aktivis FKMM kemudian // seiring dengan kebebasan akademis // melakukan penetrasi dan menguasai organ kampus yakni Senat Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ), termasuk mendirikan UKM baru sebagai wadah advokasi yang legal di kampus yakni Wahana Mahasiswa Pengabdi Masyarakat ( WMPM ) dan Himpunan Mahasiswa Pengabdi dan Peneliti Kemasyarakatan ( HMP2K). Selain itu Hampir semua Ketua Senat Universitas maupun Senat Fakultas di kuasa aktivis FKMM ataupun afiliasinya, kecuali Senat Fakultas Hukum.

Sementara itu kata Didu  Student Movement FKMM makin bertambah kritis dan disegani saat Nurdin Ranggabarani menjadi Ketua Presidium FKMM. Serangkaian Advokasi dan Solidaritas untuk Rakyat digalang oleh FKMM.

"Harus diakui Nurdin Ranggabarani adalah pemimpin FKMM yg fenomenal dan berani melawan rezim Orde Baru saat itu. Dia pernah terlibat aksi solidaritas Penembakan Santa Cruz di Timor Timur, Aksi Kedung Ombo, dll. Nurdin menjadi icon FKMM dikalangan pergerakan saat itu," kenang Didu.

Lebih jauh Didu menambahkan di era kepemimpinan Nurdin Ranggabarani kala itu, FKMM banyak didatangi para aktivis gerakan luar daerah maupun aktivis gerakan luar negeri seperti dari Hongkong maupun Australia.

"Rasa persaudaraan dan solidaritas sesama aktivis kala itu kuat sekali. Hal ini dibuktikan dengan serangkaian aksi solidaritas yg digalang organ student movement di setiap daerah jika terjadi aksi kekerasan yg menimpah aktivis ataupun rakyat di daerah lain," ujar Didu yang di FKMM menjadi Kepala Divisi Jaringan dan AgiProp ( Agitasi dan Propaganda ).

Seiring dengan perubahan jaman dan tantangan kedepan yang makin kompleks, lanjut Didu, alumni FKMM tidak boleh egois dan apolitis menyikapi sikon yang ada. Untuk itu perlu direalisasikan Reuni Akbar alumni FKMM.

"The Old Soldier Never Die. FKMM Reborn perlu dibangkitkan untuk menghadapi tantangan yang makin komplek di era millennials ini," ungkap Didu.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.