BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Bupati KLU Resmikan Bangunan Puskesmas Nipah Bantuan Kompas


Pemenang, - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai geografis dan kebutuhan masyarakat, berdasarkan Permenkes RI nomor 75 tahun 2014 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) didirikan pada tiap kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, kefarmasian dan laboratorium. Bupati Lombok Utara  Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., menerima dan meresmikan  Puskesmas Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang dari pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK). Penyerahan dan peresmian Puskesmas Nipah ini dihadiri langsung Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy dan Ketua Yayasan DKK Rusdi Amral (24/4).

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Khairul Anwar, M.Kes., Direktur RSUD KLU dr. Syamsul Hidayat, Kadis Dikpora KLU Dr. Fauzan, MPd., Kapolsek Pemenang AKP Amar Ma'aruf, SI.K, Danposramail Pemenang Pelda Subandi, Kades Malaka H. Akmaludin Ichwan, S.AP., bersama paramedis serta tamu undangan lainnya.

Diawal sambutannya, Bupati menjelaskan puskesmas yang sudah dibangun dengan dedikasi yang luar biasa oleh para pembaca Harian Kompas melalui DKK, tentu ini bermanfaat bagi masyarakat Lombok Utara," tutur bupati.

Ditambahkannya, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Lombok Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,  edukasi yang luar biasa.

"Ketika kami sedang butuh dan kami masih belum maksimal untuk mewujudkan, kemudian datang kawan-kawan dari Kompas mengajukan pembangunan Puskesmas. Kami berterima kasih," imbuhnya.

Dalam pada itu, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Indonesia Ninuk Mardiana Pambudy mengungkapkan ketika melakukan asesmen atas permintaan Pemda Lombok Utara, letaknya strategis di daerah pariwisata.

"Fasilitas yang terbangun antara lain Ruang Unit Gawat Darurat (UGD), Ruang Rawat Inap Pria dan Wanita, Ruang Bersalin, Laboratorium, Poliklinik Gigi dan Rumah Dinas Dokter," urainya.

Dijelaskannya, sejak dibuka 12 April 2019, Puskesmas Nipah ini sudah ada 42 pasien yang masuk berobat di puskesmas dan sudah ada empat persalinan ibu melahirkan.

Pimred Kompas itu juga menyampaikan DKK bersyukur telah dilibatkan dalam pembangunan Puskesmas Nipah. Apa yang telah diserahkan hari ini terpublikasi, agar para pembaca harian kompas mengetahuinya.

"Harapan kami, tolong puskesmas ini dipelihara dengan baik, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat selamanya", pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Khairul Anwar, M.Kes ditempat yang sama menyatakan Puskesmas Nipah merupakan satu diantara delapan puskesmas yang ada di Lombok Utara. Lima puskesmas kondisinya memang rusak berat, tiga puskesmas rusak ringan, dari delapan puskesmas tersebut empat yang sudah direnovasi dan dimanfaatkan, termasuk puskesmas Nipah.

"Kami masih punya pekerjaan rumah untuk memperbaiki yang empat puskesmas lagi yang bentuknya sama seperti puskesmas Nipah, sesuai dengan Permenkes RI Nomor 75 tahun 2014. Untuk Nusa Tenggara Barat, baru Puskesmas Nipah ini yang yang sesuai Permenkes tersebut," tandasnya.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan serah terima dan penandatanganan prasasti peresmian Puskesmas Nipah kepada Pemda KLU dilanjutkan dengan pemotongan pita tanda peresmian. Selanjutnya peninjauan ruangan Puskesmas Nipah oleh Bupati Lombok Utara dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas serta beberapa tamu undangan lainnya.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.