Babinsa Abiantubuh Koramil Cakranegara Lulusan Terbaik Diktupasus Secapaad


Kawa Barat, - Jenderal TNI Mulyono bertindak selaku Inspektur Upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Diktukpasus) TNI AD TA. 2018 di Lapangan Wiradhika Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD dengan Komandan Upacara Kolonel Inf Elkines Vilando Dewangga K, S.A.P., yang saat ini menjabat sebagai Komandan Resimen Siswa, Jum’at (23/11).

Sebanyak 406 orang Siswa Diktukpasus dilatik sebagai Perwira Muda dengan pangkat Letnan Dua ini berasal dari berbagai kesatuan di jajaran TNI AD. Salah satunya Letnan Dua (Letda) Wiyarto dari Kodim 1606/Lobar.

Letnan Dua Wiyarto sebelumnya berdinas sebagai Babinsa Kelurahan Abiantubuh Koramil 1606-01/Cakranegara ini berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik Diktukpasus Secapaad TA. 2018.

Menurut Letda Wiyarto, untuk menjadi lulusan terbaik pada Diktukpasus sebenarnya tidak pernah terbayang dalam pikiran. "Saya hanya mengikuti petunjuk dan arahan dari para pembina dan pelatih di Secapa," ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, ketentuan untuk menjadi lulusan terbaik harus memiliki kemampuan untuk menguasai tri pola dasar dalam pendidikan dengan nilai diatas (tertinggi). Tri Pola Dasar Pendidikan Secapa TNI AD yakni Nilai Kepribadian yang berkaitan dengan tingkah laku selama mengikuti pendidikan, Nilai Akademik baik teori maupun praktik dan Nilai Jasmani.

"Dari ketiga aspek tersebut, yang memiliki nilai atau bobot teritnggi dalam penilaian adalah aspek Kepribadian karena berkaitan denga tingkah laku yang nantinya akan diimplementasikan dalam melaksanakan tugas sehari-hari disatuan," jelas Wiyarto.

Sedangkan untuk Nilai Akademik dan Jasmani sambungnya, sebagai bekal dan pendukung dalam melaksanakan tugas sehingga tugas pokok satuan dapat tercapai.

Sementara Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto, S.IP., disela-sela kesibukannya menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih anggotanya di Koramil Cakranegara. "Saya selaku Komandannya bangga dan syukur atas prestasinya menjadi lulusan terbaik di Secapa, karena untuk menjadi lulusan terbaik itu sangat susah dan sulit, dan juga ini menjadi kebanggaan satuan," ungkapnya.

Joko berharap, kesuksesan ini agar tetap bisa dipertahankan pada pendidikan lanjutan  yakni pendidikan dasar kecabangan (Diksarcab) sehingga nantinya akan memberikan dampak positif terhadap kinerja disatuan.

"Bagi para Bintara yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi Secapa tahun depan agar mempersiapkan diri dengan baik sehingga pada saat seleksi semuanya sudah siap dan berjalan dengan baik," pungkasnya.(pn)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel