BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

DPD IWAPI NTB Usulkan 5 Program Kerja Pada Rakernas IWAPI ke 28


Matanusantara.com - Padang

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI)  menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-28 di Padang, Senin (8/10).

Rakernas  ke 28 ini dihadiri 1500 lebih anggota se-indonesia, salah satunya NTB. Adapun agenda rakernas meliputi evaluasi program yang sedang berjalan dan program kerja ke depan.

Presiden Jokowi yang membuka rakernas mengatakan perempuan memiliki peran dan kontribusi besar dalam menghidupkan sektor perekomian Bangsa. Hal tersebut terbukti dari 54,5 juta pengusaha di Indonesia, 49,9 juta adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan 60 persen dari jumlah itu merupakan pengusaha perempuan.

Jokowi juga memuji etos kerja perempuan yang di sebutnya lebih gigih di bandingkan dengan laki laki. "Pengusaha perempuan, lebih gigih dibandingan pengusaha laki-laki apalagi, kalau soal itung-itungan, terpaut seribu saja tidak mau. Namun, dengan sifat perhitungan itulah pengusaha perempuan lebih memiliki kemampuan dasar dalam menjalani usaha dan menjadi pengusaha sukses," ujarnya yang di sambut tepuk tangan dari para peserta.

Rakernas IWAPI ke-28 ini juga dihadiri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan sejumlah kepala daerah.

Ketua DPP IWAPI Nita Yudi mengatakan, pemerintah sangat mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menurunkan pajak UMKM dari 1 persen menjadi 0,5 persen dari omset. Begitu juga dengan KUR yang terus turun dari 9 persen menjadi 7 persen. Peningkatan UMKM inipun sesuai dengan tema rakernas yakni Iwapi 43 tahun  konsisten berperan meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan untuk kesejahteraan keluarga serta pertumbuhan ekonomi indonesia.

Sementara itu ketua DPD IWAPI NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi mengusulkan lima program kerja, diantaranya adalah Kerjasama dengan Bank Indonesia terkait dengan peningkatan UMKM dan Event Internasional Festival Ekonomi Syariah. Pelatihan wirausaha untuk packaging kemasan produk. Bekerjasama dengan BPTP untuk membagikan bibit cabai, buah buahan dan unggas. Membagikan Hand Schoon untuk pedagang kaki lima dan yang terakhir adalah pameran. Produk Iwapi di Kedubes Australia, packaging/kemasan produk.

"Kita usulkan lima program dimana program program ini sangat penting dan kita berharap kedepannya wanita pengusaha wanita bisa lebih berdaya saing," papar Baiq Diyah yang juga anggota DPD RI dapil NTB.

Hal senada juga di sampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPD Iwapi NTB dr. Rita Siswati. Menurutnya wanita pengusaha mempunyai daya saing yang tinggi. Dengan statistik yang mencatat sebagian besar pengusaha di Indonesia di dominasi oleh wanita menunjukan kemampuan kaum hawa dalam menjalankan bisnis.

"Tidak di ragukan lagi kaum wanita mempunyai keahlian yang sama dengan laki laki dalam menjalankan usaha, bahkan kami lebih teliti dan cekatan," pungkasnya.(bn)

Komentar0

Type above and press Enter to search.