Tingkatkan Kapasitas, IWAPI NTB Latih Wanita Pengusaha Dibidang Konstruksi


Matanusantara.com - Mataram                   
Melalui program Kemitraan Indonesia-Australia Untuk Infrastruktur (KIAT) DPD Iwapi NTB menggelar pelatihan bagi wanita pengusaha di bidang konstruksi. Ketua DPD Iwapi NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi menjelaskan DPD Iwapi NTB merupakan salah satu DPD IWAPI di Indonesia yang mendapatkan kepercayaan untuk bekerjasama dengan program KIAT bersama Australia. kerjasama ini bertujuan untuk peningkatan  kapasitas wanita pengusaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Pemerintah Australia sendiri selain membantu dalam bentuk pembiayaan pelatihan juga menjadi instruktur dalam pelatihan.

"jadi kita memberikan pelatihan bagaimana seorang wanita pengusaha di bidang jasa konstruksi ini yang mempunyai perusahaan sendiri bisa membuat penawaran tender sendiri kemudian bisa memenangkan proyek itu sendiri dan bisa menjadi direktur seutuhnya karena selama ini biasanya wanita yang bergerak di bidang jasa konstruksi ini belum berani untuk bekerja sendiri jadi sistemnya mereka ada yg hanya menjadi sub kontraktor," ujar Ketua Iwapi NTB sekaligus anggota DPD RI tersebut.

Lebih jauh Baiq Diyah memaparkan  dalam kerjasama ini Iwapi NTB mengadakan pelatihan bagaimana para perempuan pengusaha di bidang kontrstruksi ini bisa bersaing bisa ikut tender dan bisa mendapatkan 1 pekerjaan yang biasanya di dominasi kaum pria.

DPD Iwapi mencatat di Nusa Tenggara Barat terdapat sekitar 36 wanita pengusaha di bidang jasa konstruksi yang masuk kategori bisa diberikan pelatihan. Sementara 20 wanita pengusaha jasa konstruksi belum memiliki  dokumen yang cukup untuk mampu mengikuti tender. "Melalui pelatihan 36 pengusaha yang kita latih itu sudah ada beberapa yang mendapatkan pekerjaan di pemerintah maupun swasta ini luar biasa membanggakan walaupun belum banyak tetapi 1 atau 2 orang sangat berarti," jelasnya.

Program KIAT ini sendiri telah berlangsung hampir setahun. Pelatihanpun telah di gelar beberapa kali. DPD Iwapi NTB menjadi salah satu pengurus daerah yang di percaya untuk menggelar pelatihan. Peningkatan kapasitas dan daya saing untuk menciptakan wanita pengusaha di bidang jasa konstruksi menjadi tujuan program KIAT. (bn)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel